Topik Utama Hari Ini

Ternyata Tuhan "Tidak Berkuasa"

Diposting oleh ISKANDAR Z 09 November 2009

Refleksi Teologis atas Sifat -sifat Tuhan

Ada dua sifat Tuhan yang dipandang sebagai penentu untuk menyatakan kekuasaanNYa, yaitu kehendak (iradah) dan kekuatan (qudrah). Kehendak berjalan seimbang dengan kekuatan, sehingga kalau Tuhan memiliki kehendak maka itu berarti Tuhan memiliki kekuatan. Sebaliknya, jika Tuhan mustahil dengan sifat tidak berkehendak, maka mustahil pula Tuhan tidak memiliki kekuatan. Apa saja jika Tuhan menghendaki, maka segalanya akan terjadi dengan kekuatanNya (innama amruhu idza arada syai'an an yaqula lahu kun fayakun QS.36:82), dan Tuhan memang dinyatakan sebagai "berkekuatan untuk melakukan segalanya" (innallaha ala kulli syai'in qadir QS. 2:20). Namun demikian, kekuasaan Tuhan "tidak tak terbatas" karena ada yang membatasi, yaitu keadilan yang datang dari diriNya.
Tuhan bisa saja menghukum orang yang tidak berbuat kesalahan dan menyiksanya dengan siksa yang pedih. Sebaliknya, Tuhan bisa saja menyelamatkan orang yang berbuat kesalahan dan mengganjarnya dengan pahala dan sorga, semuanya atas dasar kehendak dan kekuatanNya. Namun, menghukum orang yang baik dan memasukkan orang jahat ke dalam sorga adalah suatu "ketidak adilan". Karena hukum Tuhan sendiri mengatakan: "barangsiapa mengerjakan kebaikan, maka akan dibalas kebaikan, dan barangsiapa mengerjakan kejahatan, maka akan dibalas kejahatan" (QS. 6:160, QS. 30:44), jadi berjalan secara seimbang, dalam keadilan. Jika Tuhan melakukan hal tersebut, berarti Tuhan terlah berlaku "zhalim" terhadap hambanya sendiri, dan ini lagi-lagi mustahil bagiNya. Dengan demikian, meski Tuhan memiliki kehendak dan kekuatan, tapi kehendak dan kekuatan Tuhan "dibatasi" oleh keadilanNya sendiri.
Bagikan

2 komentar

  1. semuanya berlaku hukum relativitas bagi logika manusia, tapi tidak untuk logika Tuhan, karena "siapa" yang dapat mencapainya? kecuali yang diberi hidayah, tapi itupun hanya sunyi...diam

     
  2. bisa di katakan juga, di batasi oleh janji2 allah sendiri dalam al-qur'an. Dan allah tidak mungkin ingkar janji.

     

Posting Komentar

Berikan komentar anda, karena ia akan bermanfaat bagi yang mau melihat dan mendengar

ASSALAMU'ALAIKUM

My Twitter

ChatWithMe

Pesan Singkat