Topik Utama Hari Ini

Adam Bukanlah Manusia Pertama

Diposting oleh ISKANDAR Z 09 Maret 2009

Memposisikan kata "basyar" dan "insan" 
Adam dipastikan sebagai Nabi Pertama dalam sejarah kenabian, tetapi ia bukan manusia pertama dalam sejarah kemanusiaan. Kenyataan ini dapat dilihat dalam indikasi Alquran ketika kata "basyar" dan "insan" yang secara bahasa sama-sama diartikan "manusia", tetapi penggunaan antara keduanya memiliki arti yang berbeda. Kata "basyar" lebih merujuk kepada arti manusia secara umum, manusia bilologis, tetapi kata "insan" lebih merujuk kepada arti manusia secara khusus, yaitu manusia berbudaya dan berperadaban. Sehingga, setiap "insan" adalah "basyar", tetapi tidak setiap "basyar" itu "insan. "Basyar" memiliki bentuk yang statis (jamidah), sementara "insan" adalah kata yang dinamis (mutasharrifah).
Dalam Alquran, kata "insan" tidak digunakan kecuali pada manusia yang mendapatkan tanggungjawab tauhid dan ibadah, dalam hal ini dimulai dengan keberadaan Adam. Beban agama yang diberikan kepada Adam sebagai Nabi adalah karena sifat ke-insaniah-annya, bukan ke-basyariah-annya. Maka, kemunculan Adam adalah simbol kemunculan pertama bagi "insan", dan tidak berkaitan dengan "basyar". Dalam konteks ini, Adam merupakan bapaknya manusia, "abu al-insan", bukan "abu al-basyar", dan tidak ada hubungan antara Adam dan basyar yang muncul terlebih dahulu. Wallahu a'lam.

5 komentar

  1. Salut, cuman nanya bagaimana dengan hadits yang mengatakan Adam sebagai Abul Basyar.Apakah Abul Insan sama dengan Khalifah pertama, kalimat ja'ala dalam Inni ja'ilun fil ardhi khalifah yakni suatu proses menjadikan satu bentuk ke bentuk lain yakni dari basyar ke bentuk khalifah

     
  2. Ust. bagaimana dengan tanggapan semua orang bahwa adam adalah manusia pertama...
    Dan apakah manusia pertama memiliki nama seperti Adam as?

     
  3. afwan Ustd..di tengah masyarakat/kaum muslimin btelah masyhur (terkenal) bahwa Nabi adam adalah manusia yang di pertama dicitakan Allah.Dan tidak ada khilaf dalam masalah ini,,Wallhua'lam tentang persepsi Ustd bahwa Adam bukan yang pertama..kalau begitu Syapa manusia yang pertama kali di ciptakan??

     
  4. kalau menurut beberapa kitab penghuni dunia ini pertama adalah jin, lalu diusir oleh Allah karena sering buat kerusakan, lalu diutus adam menjadi khalifah, apa dimaksud bsyar itu adalah berlaku juga untuk "jin"?

     
  5. "Sesunguhnya manusia itu berasal dari Adam dan Adam itu (diciptakan) dari tanah".(Sahih Bukhari)

    Quran tidak secara explisit menyebutkan Adam manusia pertama, seperti juga Quran tidak secara explisit membeberkan cara bagaimana kita sholat. Ide Adam bukan manusia pertama adalah ide kaum Orientalis.

     

Posting Komentar

Berikan komentar anda, karena ia akan bermanfaat bagi yang mau melihat dan mendengar

ASSALAMU'ALAIKUM

My Twitter

ChatWithMe

Pesan Singkat